macOS: Preview File CSS dan Text File di Finder dan Quick Look

Terakhir diperbaharui: Jumat, 07 April 2017 pukul 00:52
Tautan: http://darto.id/7d

Untuk menampilkan text di Finder, biasanya kita cukup dengan memilih file tersebut dan kemudian Finder akan menampilkan teks tersebut pada preview.

Tapi, tidak semua extension bisa ditampilkan di preview secara default. Misal seperti css, vbs, srt dan lainnya yang belum sempat saya cek, hehehe.

Text in CSS not showing in Finder

 

Jika file tidak bisa muncul di preview maka tidak akan muncul juga saat kita melakukan Quick Look pada file teks tersebut. Misal untuk memutar file mp3, kita cukup memilih pada file tersebut di Finder dan kemudian akan tampil player pada preview atau kita bisa melakukan Quick Look dengan menekan spacebar atau spasi yang nantinya akan muncul tampilan Quick Look untuk file mp3.

Example Quick Look Window for playing MP3

 

OK lanjut. Untuk memunculkan semua file yang didalamnya hanya mengandung unsur teks, seperti css, vbs, srt dan lain-lainnya, maka kita butuh untuk menginstall plugin untuk Finder. Namanya QuicklookStephen yang bisa di download dan lihat panduan cara installnya di Github qlstephen. Tapi, kalau saya lebih memilih cara singkat untuk install plugin QuicklookStephen yaitu dengan menjalankan kode dibawah ini didalam Terminal:

brew cask install qlstephen

Tentu saja anda harus menginstall Homebrew terlebih dahulu. Eh, saya belum pernah buat yah panduan install homebrew ini… hmmmm… mudah sih tapi nanti aja deh, hehehe.

Setelah kita install plugin QuicklookStephen, akan langsung terlihat hasilnya, Saya menggunakan Sierra, jadinya tidak perlu restart Finder, mungkin kalau di versi sebelumnya diperlukan untuk restart Finder terlebih dahulu.

Text in CSS at preview after install QuicklookStephen

 

Begitu tampilan css di Finder preview setelah kita install plugin QuicklookStephen. Dan berikut, dibawah ini tampilan saat kita membukanya dengan Quick Look.

Showing text CSS with Quick Look

Baiklah, sampai disini dulu, karena sudah larut malam, semoga bermanfaat.

 

macOS: Mempercantik Terminal.app

Terakhir diperbaharui: Selasa, 14 Maret 2017 pukul 11:56
Tautan: http://darto.id/7b

Waktu-waktu saya hampir paling banyak bermain dengan Terminal. Remote server, lalu remote server dan kemudian cek server terus setelah remote server lagi dan kemudian cek server. Eh… hehehe. Yang lainnya seperti convert video or audio file, mencari file de el el lah. Nah, gak asik kalau sering buka Terminal tapi tampilannya begitu-begitu aja, dah gitu di macOS gituh, secara, kan gak asik kalau gak nyentrik ya, hehehe.

Untuk lengkapnya lihat aja deh langsung kode nya dibawah ini:

Happy fun.

macOS: Show Hide File

Terakhir diperbaharui: Jumat, 25 November 2016 pukul 16:57
Tautan: http://darto.id/77

To show hide file in mac, type command bellow in Terminal.

Show

defaults write com.apple.finder AppleShowAllFiles YES

killall Finder

Hide

defaults write com.apple.finder AppleShowAllFiles NO

killall Finder

sumber: ianlunn

macOS: Sembunyikan Semua Item di Desktop

Terakhir diperbaharui: Senin, 21 November 2016 pukul 09:46
Tautan: http://darto.id/74

Untuk menyembunyikan icon, file atau shortcut di desktop, jalankan perintah berikut:

defaults write com.apple.finder CreateDesktop false
killall Finder

Dan untuk mengembalikan lagi, cukup merubah false menjadi true.

defaults write com.apple.finder CreateDesktop true
killall Finder

sumber: cultofmac

macOS Terminal Replacement

iTerm2 is a replacement for Terminal and the successor to iTerm. It works on Macs with macOS 10.8 or newer. iTerm2 brings the terminal into the modern age with features you never knew you always wanted.

iTerm2 has a lot of features. Every conceivable desire a terminal user might have has been foreseen and solved. And these are just the main attractions!

  • Split Panes
  • Hotkey Window
  • Search
  • Autocomplete
  • Mouseless Copy
  • Paste History
  • Instant Replay
  • Configurability
  • Unixyness
  • 256 Colors
  • Readability
  • Mouse Reporting

Shoutcast 1.9.8

Bagi yang masih suka mencari broadcast tools shoutcast untuk versi lama, mungkin bisa download dari LcHost. Shoutcast server saat ini sudah menggunakan versi 2 tapi terkadang untuk kemudahan dan simplenya, masih banyak yang menggunakan shoutcast server v1 untuk dijadikan radio streaming.

Mac: Cara Mendapatkan IP Public Melalui Terminal (Command Line)

Terakhir diperbaharui: Jumat, 16 September 2016 pukul 22:29
Tautan: http://darto.id/6n

Memang mudah untuk bisa mencari IP public, sekarang sudah banyak web tool yang bisa menunjukkan IP public kita, tapi kekurangannya adalah kita harus membuka browser dulu. Bagi antum yang lagi males buka browser, dan bagi antum yang sedang lagi coding atau yang sering bermain dengan Terminal di Mac atau Linux mungkin bisa membantu pakai cara berikut untuk mengetahui IP public.

Eh…. bukan menggurui tapi ini mah cuma sharing aja ya, afwan kalau ternyata udah basi infonya atau antum semua udah tau. Ya kalau gitu buat arsip aja lah, hehehe.

Antum bisa coba ketik perintah berikut ini di Terminal punyanya Mac atau Linux:

dig +short myip.opendns.com @resolver1.opendns.com

atau

curl ipecho.net/plain; echo

atau

curl ifconfig.co

Dari ketiga cara tersebut yang paling cepat kalau di urutkan adalah pertama, ke 3 kemudian ke 2. Ya mungkin juga nantinya akan bergantung juga dengan koneksi antum juga, tentunya, hehehe.

OK deh selamat mencoba, oh iya, cara-cara diatas tentunya mewajibkan anda harus online atau connect ke internet ya, jangan sampai nyoba-nyoba perintahnya tapi lupa connect ke internet dulu, xixixixi. Eh…. tapi bisa juga sih tuk ngetest kalau jaringannya sebetulnya connect ke internet atau enggak. Eh lagi nih…. cara di atas ntuh belum pernah dicoba dibelakang proxy ya, kalau ada yang pernah nyoba, silakan atuh share.

Bagi pecinta Windows, mungkin bisa install dig.exe dengan mengikuti petunjuk dari samclass dan bisa install curl.exe dengan mengikuti petunjuk dari support zendesk.